Mengadukan Dampak Corona

mengadukan-dampak-corona

Berdasar monitoring dan pengaduan konsumen ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), ada beberapa hal komoditas barang dan pelayanan yang dikeluhkan konsumen, bahkan profesi kesehatan selama pandemi COVID-19 landa Indonesia. Dalam rilisnya, YLKI menyebut beberapa masalah seperti sulitnya masyarakat mendapatkan masker, hand sanitizer, bahkan produk multi vitamin, khususnya vitamin C menjadi salah satu masalah yang disoroti. Selain itu juga pengaduan masalah alat-alat kesehatan meliputi ketersediaan barang, serta harga yang tidak wajar.

Disamping itu, ada juga pengaduan masyarakat yang sulit mengakses pelayanan rumah sakit, baik untuk pelayanan Covid-19 dan atau pelayanan reguler. YLKI juga mencatat adanya pengaduan sulitnya melakukan refund atau bahkan cancel tiket pesawat, dan atau hotel yang dipesan via Online Travel Agent (OTA), pengaduan soal lambatnya akses internet, juga pengaduan masalah leasing dan pelayanan perbankan yang belum jelas eksekusinya. Untuk itulah YLKI membuka Posko Pengaduan Wabah Virus Corona.

Kita akan bahas bersama Staf Pengaduan YLKI, Rio Priyambodo, Koalisi Masyarakat Sipil Anis Hidayah, dan Komisioner Ombudsman RI Alamsyah Saragih.