Menyoal Kepuasan Pelanggan Internet masa Pandemi

menyoal-kepuasan-pelanggan-internet-masa-pandemi

Akhir pekan kemarin kita memperingati Hari Pelanggan Nasional. Sejak tahun 2003, setiap tanggal 4 September, Indonesia memperingati Hari Pelanggan Nasional. Dan, di masa pandemi ini sebagian besar masyarakat menjadi pelanggan internet. Lalu sudahkah kita merasakan kepuasan yang maksimal nih, sebagai pelanggan?

Beberapa waktu lalu, muncul hasil survey yang menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan internet Indonesia menurun selama pandemi. Survey yang dilakukan PwC itu menyebut kepuasan pelanggan terhadap kecepatan jaringan internet di Indonesia mengalami penurunan. PwC membandingkan kepuasan pelanggan internet sebelum dan di masa pandemic. Hasilnya, 65 persen konsumen menyatakan puas dengan kecepatan internet di rumah mereka sebelum pandemi Covid-19. Namun, setelah pandemi, angkanya turun jadi 61 persen. Hal ini diungkap Retail and Consumer Leader PwC, Peter Hohtoulas, dalam paparan publikasi Global Consumer Insights 2020 secara virtual pada Kamis, 13 Agustus 2020 seperti dilansir Tempo.

Apa yang diperlukan agar pelanggan mendapat sesuai haknya mengenai penyediaan internet? Seperti apa regulasi untuk menjamin operator tak merugikan masyarakat?

Kita akan bincangkan hal ini bersama Koordinator Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sularsi dan Anggota Komisi Komunikasi dan infomatika DPR RI, Dave Laksono.